Rabu, 06 Juni 2012

Sistem Rem

Rem merupakan salah satu bagian kendaraan yang sangat penting pada sebuah kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dari perkotaan sampai pedesaaan. Rem ini dapat mengatur kecepatan ataupun menghentikan lajunya kendaraan sesuai dengan yang kita harapkan, pengaturan kecepatan ataupun diberhentikannya lajunya kendaraan ini diatur melalui suatu gesekan antara komponen rem dengan roda yang berputar.
Syarat–syarat sebuah rem adalah sebagai berikut:
1)Dapat bekerja dengan cepat.
2)Apabila beban pada semua roda sama, maka daya pengereman harus sama dengan
atau gaya pengereman seimbang dengan beban yang di terima oleh masing-masing roda.
3)Dapat dipercaya dan mempunyai daya tahan cukup.
4)Mudah disetel dan diperbaiki pengemudi waktu pengereman.
Adapun jenis rem ditinjau dari:
1)Pelayananya:
a)Rem Tangan
b)Rem Kaki
2)Mekanismenya:
a)Rem Mekanik
b)Rem Hidrolik
c)Rem Vacum
d)Rem Booster
e)Rem Udara
3)Konstruksinya:
a)Internal Ekspander Brake (rem pengembangan dari dalam)
b)Eksternal Contrakting Brake
c)Disc Brake (rem piringan)
4) letaknya:
a)Rem pada roda
b)Rem pada propellershaft (poros penggerak belakang)
Cara kerja rem adalah pengubah tenaga mekanik menjadi tenaga gesekan dengan jalan menekan sepatu rem (kanvas) terhadap tromol yang berputar.Jenis rem jika ditinjau dari beberapa hal diatas ternyata begitu banyak tetapi pada kegiatan (1) di modul ini akan di jelaskan hanya sebagian saja (dalam hal ini pembahasan akan di batasi pada beberapa hal) antara lain:
1. Sistem Rem Tromol
2. Model Rem Tromol
3. Sistem Rem Cakram
4. Cairan Rem/Minyak Rem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar