Selasa, 19 Juni 2012

Cara Cepat Membentuk Lengan yang Atletis dengan Cepat

Latihan dumbell atau beban sangat cocok dipakai untuk mendapatkan bentuk tubuh lebih atletis. Bagian otot yang bisa dilatih cukup beragam mulai dari lengan, bahu, pinggang, hingga paha. “Nyaris semua bagian otot,” ujar instruktur kebugaran Ade Rai dalam tips olahraga di Liputan 6 Pagi, Rabu (21/3).Untuk otot lengan bagian dalam atau bisep bisa melakukan latihan bernama alternate dumbell curl. Berdiri tegak, beban dipegang di samping paha dengan lengan menghadap ke luar. Lengan sebatas sikut diangkat secara bergantian. “Buang napas saat terberat atau naik dan tarik saat turun,” tambah Ade.
Gerakan triceps extension dilakukan untuk melatih lengan luar. Lengan diangkat di atas kepala kemudian ditekuk sebatas sikut hingga sejajar dengan kepala. Pengambilan napas dilakukan serupa dengan latihan alternate dumbell curl.
Otot bahu bagian depan bisa dilatih dengan gerakan bernama shoulder press. Sebelah kaki berada di depan untuk menjaga keseimbangan dan menghindari stres berlebih di pinggang. Beban dipegang di samping paha kemudian diangkat bersamaan hingga sikut sejajar dengan bahu. Untuk bahu samping adalah dengan mengangkat seluruh lengan hingga sejajar bahu seperti merentang. Latihan serupa dengan badan membungkuk juga bisa melatih bahu bagian belakang.
Dumbell juga bisa dipakai melatih otot pinggang. Gerakan death lift atau seperti mengambil sesuatu dari bawah dengan membungkuk mampu melatih otot pinggang. Sedangkan latihan squat atau gerakan jongkok dan berdiri dengan beban dipegang di samping paha dapat memperindah bentuk paha.
Untuk mendapatkan hasil maksimal, aktivitas latihan dengan beban diulang sebanyak lima hingga 10 kali untuk setiap set. Lakukan sekitar dua set untuk masing-masing otot. Selamat mencoba.(TOZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar