Selasa, 19 Juni 2012

Raja Sunda tidak Melarang Rakyatnya Pindah Agama

Selama abad ke-14, Sunda diperintah oleh delapan orang raja. Di antara mereka ada yang berkuasa di seluruh wilayah Negara Sunda yang terdiri atas ”Sunda Barat” (Sunda atau Pajajaran) dan ”Sunda Timur” (Galuh) dan ada yang hanya berkuasa di salah satu wilayah itu. Mereka yang pernah berkuasa selama abad ke-14 itu adalah:
Rakryan Saunggalah atau Prabu Ragasuci yang berkuasa selama enam tahun (1297-1303). Penggantinya sebagai raja adalah anaknya, Prabu Citragandha atau Sang Mokteng Tanjung ‘yang Meninggal di Tanjung’ yang berkuasa selama delapan tahun (1303-1311). Ia digantikan anaknya, Prabu Linggadewata atau Sang Mokteng Kikis ‘Yang Meninggal di Kikis’ yang berkuasa selama 22 tahun (1311-1333).
Karena anaknya perempuan, Linggadewata kemudian digantikan oleh menantunya, Prabu Ajiguna Linggawisesa atau Sang Mokteng Kiding ‘Yang Meninggal di Kiding’ selama tujuh tahun (1333-1340). Anak Linggadewata yang diperistrinya itu bernama Rimalestari dan perkawinan mereka melahirkan Prabu Ragamulya Luhurprabawa atau Sang Aki Kolot yang kemudian menggantikannya sebagai raja selama 10 tahun (1340-1350). Setelah meninggal dan dikenal sebagai Salumah ing Taman ‘Yang Meninggal di Taman’, ia digantikan anaknya yang bernama Prabu Maharaja Linggabhuwanawisesa atau Sang Mokteng Bubat ‘Yang Meninggal di Bubat’ selama tujuh tahun (1350-1357).
Karena anak Linggabhuwana masih kecil, kekuasaan dipegang oleh adiknya, Patih Mangkubumi Suradipati, yang setelah menjadi raja bergelar Sang Prabu Bunisora, selama 14 tahun (1357-1371). Setelah meninggal dan terkenal sebagai Sang Mokteng Gegeromas ‘Yang Meninggal di Gegeromas’, ia digantikan oleh anak Linggabhuwana yang bernama Niskala Wastukancana. Raja itu terhitung tokoh yang ”bernafas panjang”, pemerintahannya berlangsung selama 104 tahun (1371-1475).
Prabu Niskala Wastukancana atau Prabu Resi Bhuwana Tunggaldewata atau Sang Mokteng Nusalarang” ‘Yang Meninggal di Nusalarang’ itulah yang tampaknya dikenal sebagai raja dengan julukan Prabu Siliwangi yang pertama. Menurut NPW, semua Raja Sunda setelah Raja Linggabhuwana dikenal dengan julukan Prabu Siliwangi. Niskala Wastukancana mempunyai dua orang istri dan dari setiap istri lahir anak laki-laki. Akibatnya, ia terpaksa membagi negaranya menjadi dua.
Jika dugaan Hageman benar, berarti bahwa kemunculan orang Islam yang pertama di Sunda itu terjadi pada masa pemerintahan Prabu Ajiguna Linggawisesa (1333-1340). Hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang mustahil, mengingat hingga saat ini bukti tertua mengenai tinggalan budaya yang bercorak Islam di Leran (Jawa Timur), yaitu nisan Fatimah binti Maimun, bertitimangsa 1081. Masalahnya adalah hingga sekarang bukti demikian itu di wilayah Sunda belum ditemukan.
Naskah CP tidak banyak mengembarkan tokoh itu. Dalam naskah itu ia hanya disebut sebagai raja yang berkuasa selama 10 tahun dan setelah meninggal dikenal sebagai Salumah ing Kiding ‘Yang Meninggal di Kiding’. Julukan itu tentulah sama dengan Sang Mokteng Kiding menurut NPW.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar