Kamis, 01 Desember 2011

Cara Membuat Laporan PKL

      
LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI SMK PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTOR DAN PT.  INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk ( BOGASARI )
LOGO SMKN 36 ss
 




















Di Susun Oleh :

Nama                          : Muchamad Taufik Hidayat
NIS                              : 7229
Program Keahlian     : Teknik kendaraan Ringan



DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
SMK NEGERI 36 JAKARTA
TAHUN 2011

Jl. Baru Kosambi III, Cilincing, Jakarta Utara 14110
Telp. (021) 4401523, Fax. (021) 44830732


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri di “PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTOR dan PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk (BOGASARI)” ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa suatu kendala.
Maksud dan tujuan penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini adalah untuk : transfer nilai kompetensi, kenaikan kelas dan mengikuti Ujian Sekolah dan Nasional di SMK Negeri 36 Jakarta Utara.  Penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Praktek Kerja Industri di PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTOR dan PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk (BOGASARI). Penulis menyadari dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, karena itu penulis sampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.      Allah SWT yang telah memberikan rahmatNya
2.      Kedua orang tua yang telah memberikan dorongan dan semangat untuk terus berprestasi
3.      Bapak Drs. Dedi Dwitagama, MM, M.Si selaku  Kepala SMK Negeri 36 Jakarta
4.      Bapak Drs. Hadir Sembiring selaku Wakabid. Humas Prakerin SMK Negeri 36 Jakarta Utara 
5.      Bapak  Budianto  selaku  Kepala  Kompetensi  Keahlian  Teknik Kendaraan ringan
6.      Bapak Edi Rachmat, SPd selaku Koordinator Prakerin
7.      Semua staff dan karyawan PT. SUZUKI INDOMOBIL MOTOR dan PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk (BOGASARI) yang telah membantu dalam proses Prakerin.
8.      Ibu Wali Kelas Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan yakni Ibu Nastiti.
9.      Bapak dan Ibu Guru serta Karyawan Tata Usaha SMK Negeri 36 Jakarta.
10. Semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanan Prakerin yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu.
Saya menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak yang harus di perbaiki, sesuai pepatah ”Tak ada gading yang tak retak”, tidak ada karya manusia yang sempurna selain karya-Nya. Untuk itu kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan Laporan Praktek Kerja Industri ini. Demikian, semoga laporan ini bermanfaat.
                                                                                                Jakarta, 03 Agustus 2011

                                                                                   Much. Taufik Hidayat
































LEMBAR PENGESAHAN

Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan Penulisan Laporan Prakerin di Astrido Toyota dan PT. Armada Auto Graha (Hyundai). Dengan ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 36 Jakarta Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan  dapat mensyahkan.

                                                                                         Ditetapkan, di Jakarta
                                                                                         Tanggal  03 Agustus 2011




Menyetujui,

Orang Tua                                                                       Peserta Didik




 SARIPAH                                                                        Much. Taufik Hidayat
                                                                                          NIS. 7229



Mengetahui,


Wakabid Humas Prakerin                                 Ketua Program Keahlian Teknik
SMK Negeri 36 Jakarta                                     Kendaraan Ringan 




Drs. Hadir Sembiring                                      Budiyanto S,pd
NIP 195812251986031008                              NIP 19700513199803104
BAB I
 PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan prakerin antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi dan Misi SMK.  Program pendidikan sistem ganda sangat dibutuhkan dalam penguasaan kompetensi dan pembentukan sikap profesi siswa seperti tercermin dalam tujuan pendidikan dan pelatihan SMK yaitu :
  a. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan terutama bertujuan untuk membekali peserta diklat mengembangkan kepribadian, potensi akademik, dan dasar-dasar keahlian yang kuat dan benar melalui pembelajaran program adaktif, normatif dan produktif.
 b. Pendidikan dan pelatihan di dunia kerja bertujuan untuk memberikan memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta menguasai kompetensi keahlian produktif standar, menginternalisasi sikap nilai budaya industri yang berorientasi kepada standar mutu,nilai-nilai ekonomi dan jiwa kewirausahaan, serta membentuk etos kerja yang kritis, produktif dan kompetitif.











1.   Tujuan Pendidikan Nasional
Pendidikan merupakan pilar tegaknya bangsa; Melalui pendidikanlah bangsa akan tegak mampu menjaga martabat. Dalam UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, disebutkan “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab .
2.   Tujuan Pendidikan SMK

Pendidikan kejuruan memiliki karakteristik yang berbeda dengan satuan pendidikan lainnya. Perbedaan tersebut dapat dikaji dari tujuan pendidikan, substansi pelajaran, tuntutan pendidikan dan lulusannya. Pendidikan kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan program kejuruannya.

Dari tujuan pendidikan kejuruan tersebut mengandung makna bahwa pendidikan kejuruan di samping menyiapkan tenaga kerja yang profesional juga mempersiapkan peserta didik untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan program kejuruan atau bidang keahlian.
2.1.   Visi Pendidikan SMKN 36 Jakarta
Menjadikan SMKN 36 Jakarta sebagai lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang Profesional dan Mandiri dalam mewujudkan lulusan yang kompeten, berdedikasi, peduli dan berakhlak mulia.


2.2.    Misi Pendidikan SMKN 36 Jakarta
a)        Menerapkan, Keterbukaan, Kemitraan dan pelayanan prima.
b)        Mengembangkankeunggulan Keterampilan dan Ketelitian dengan  mengutamakan Kedisiplinan dan Kejujuran yang dilandasi oleh jiwa dan semangat Keimanan, Kreativitas, Kekeluargaan dan Kepedulian terhadap sesama dan  lingkungan.
c)         Membangun dan membina jaringan kerjasama dengan dunia usaha dan industri  serta masyarakat luas dalam mengembangkan standar    lulusan.
d)        Mewujudkan SMKN 36 Jakarta menjadi Regional Center Teknik Kelautan.


3.   Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik  Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa  pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik  Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
a.        Perawatan dan perbaikan motor otomotif
b.       Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga otomotif
c.        Perawatan dan perbaikan chasis otomotif
d.       Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif.
e.        Perawatan dan perbaikan sistem pengkondisi udara otomotif


4.   Tujuan Prakerin

Penyelenggaraan pendidikan dengan Praktek Kerja Industri pada SMK bertujuan untuk:

·      Siswa dapat menambah wawasan dengan cara turun belajar langsung di dunia industri dengan cara Praktek Kerja Industri.

·      Siswa dapat mengetahui cara kerja di dunia industri yang mementingkan disiplin, keselamatan kerja dan kualitas produk.

·      Untuk melengkapi salah satu kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan

·      Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.

·      Memperkokoh kerjasama antara SMK dan dunia kerja.

·       Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar